Manfaat Teh Gaharu, Sehat dan Bergengsi

Advertisment Gaharu Indonesia
Bisnis Gaharu Indonesia - Minum teh hangat merupakan suatu kenikmatan tersendiri dan memiliki khasiat terhadap kesehatan tubuh. Seperti manfaat mengonsumsi teh gaharu, dipercaya dapat mengurangi rasa sakit kepala karena pusing, meningkatkan stamina bagi pria, stamina dan kesehatan, tidak mudah masuk angin dan obat penyakit dalam karena sakit perut.

“Insya Allah teh gaharu dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Oleh sebab itu di masa mendatang kandungan aktif dalam teh gaharu ini harus diketahui, untuk memberikan justifikasi ilmiah kepada khalayak,” kata Mahmuddin.

Minum teh daun gaharu ini cukup dilakukan sekali dalam sehari setelah sebelumnya daun teh direbus dan disaring untuk mendapatkan air nya dan nikmatnya kehangatan teh yang sangat bermanfaat bagi kesehatan ini.

“Minum di pagi hari sekali sudah cukup mendapatkan manfaat teh daun gaharu ini. Tapi kalau mau dua kali sehari juga bisa dan bertambah baik,” ujarnya. 

Selain itu teh gaharu dapat juga bermanfaat membantu masalah insomnia atau sukar tidur, membantu merendahkan tahap kolestrol, meredakan ketegangan/hipertensi dan stress, membantu mengurangkan toksik dalam badan, mengurangkan kadar tekanan dalam darah dan gula yang tinggi.

“Selain itu, teh gaharu dapat sebagai anti stres dan hipertensi penurunan tahap kolestrol, penurunan tahap tekanan darah tinggi dan gula,” katanya.

Manfaat Gaharu
Gaharu adalah sejenis kayu yang memiliki kandungan damar berbau wangi dengan berbagai bentuk dan warna yang khas yang berasal dari pohon penghasil gaharu. Manfaat gaharu sendiri, lanjutnya, dengan mengandung essens yang disebut sebagai minyak essens (essential oil) yang dapat dibuat dengan ekstraksi atau penyulingan dari gubal gaharu. Essens gaharu ini digunakan sebagai bahan pengikat dari berbagai jenis parfum, kosmetika dan obat-obatan herbal. Serbuk atau abu dari gaharu digunakan sebagai bahan pembuatan dupa/hio dan bubuk aroma terapi.

Sampai saat ini pemanfaatan gaharu masih dalam bentuk bahan baku sebagai kayu bulatan, cacahan, bubuk,atau fosil kayu yang sudah terkubur. Setiap bentuk produk gaharu tersebut mempunyai bentuk dan sifat yang berbeda. Gaharu mempunyai kandungan resin atau damar wangi yang mengeluarkan aroma dengan keharuman yang khas. Dari aromanya itu yang sangat popular bahkan sangat disukai oleh masyarakat negara-negara di Timur Tengah, Saudi Arabia, Uni Emirat, Yaman, Oman, daratan China, Korea, dan Jepang sehingga dibutuhkan sebagai bahan baku industri parfum, obat-obatan, kosmetika, dupa, dan pengawet berbagai jenis aksesoris serta untuk keperluan kegiatan keagamaan, gaharu sudah lama diakrabi bagi pemeluk agama Buddha, dan Hindu. 

Dengan seiringnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi industri, gaharu bukan hanya berguna sebagai bahan untuk industri wangi-wangian saja, tetapi juga secara klinis dapat dimanfaatkan sebagai obat. Gaharu bisa dipakai sebagai obat, anti asmatik, anti mikroba, stimulant kerja saraf dan pencernaan, obat sakit perut, perangsang nafsu birahi, penghilang rasa sakit, kanker, diare, tersedak, tumor paru-paru, obat tumor usus, penghilang stress, gangguan ginjal, asma, hepatitis, sirosis, dan untuk kosmetik (perawatan wajah dan menghaluskan kulit).

Bisnis Gaharu Indonesia, Gaharu Super King Kalimantan


“Harga jual gaharu yang mahal di pasaran dan mulai langkanya pohon gaharu di hutan alam merupakan dua faktor utama menjadi alasan pembudidayaan pohon gaharu,” jelas Mahmuddin.
(yuni naibaho) sumber: medan bisnis

G+

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment