Pemangkasan Cabang Gaharu, Haruskah Dilakukan?

Advertisment Gaharu Indonesia
Bisnis Gaharu Indonesia - Dalam beberapa pertemuan dengan pelaku budidaya gaharu di beberapa tempat di Jawa Barat, ada yang diskusi menarik mengenai pemangkasan cabang pohon gaharu. Ada dua pendapat berbeda dan berseberangan, ada yang mengatakan tidak perlu melakukan pemangkasan, ada yang sebaliknya mengharuskan pemangkasan.

Berangkat dari dua pendapat berbeda tersebut, telah dilakukan pula "percobaan" pada dua pohon gaharu. Pohon pertama dibiarkan tumbuh tanpa pemangkasan, pohon kedua mendapatkan pemangkasan. 

Setelah 1 tahun, terlihat perbedaan hasil pertumbuhan antara kedua pohon tersebut terutama pada batang pohon. Pohon kedua (pohon yang dipangkas) memiliki batang pohon lebih panjang dan berdiameter lebih luas. Sementara pohon yang tidak dipangkas, diameter batangnya jauh lebih sempit.

Percobaan di atas akhirnya menjadi pelajaran bahwa proses pemangkasan perlu dilakukan agar batang gaharu bisa tumbuh maksimal. Pemangkasan akan menyebabkan nutrisi yang diserap akar terfokus pada pertumbuhan pohon.

gaharu karawang, bisnis gaharu indonesia


  • Pohon yang bercabang sejak dini memiliki pertumbuhan yang agak lamban.
  • Pemangkasan ranting dan cabang sebaiknya dilakukan setiap terjadinya cabang, yakni ketika cabang masih muda sepanjang 2/3 cm saja. 
  • Pemangkasan dapat dilakukan secara periodek, dua minggu sekali atau sesuai selera akan tetapi cara periodek ini tidak begitu efektif karena semasa itu cabang tersebut sudah banyak menyerap unsur hara yang dibutuhkan pohon untuk tumbuh. 
  • Pilihlah cabang yang kuat dan subur untuk di pelihara. 
  • Lakukan pemangkasan sampai bibit berukuran 2 meter.
  • Bila dianggap masih perlu, pemangkasan masih boleh dilakukan walaupun  pohon sudah memiliki tinggi melebihi 2 meter.
  • Gunakan Pisau yang tajam atau gunting tanaman. 
  • Daun hasil pemangkasan dapat anda jadikan teh gaharu.
Sekian artikel cara pemangkasan gaharu ini, semoga bermanfaat. Agar pohon gaharu bisa tumbuh maksimal, perhatikan juga Teknik Pemupukan Pohon Gaharu yang Baik. Semoga gaharu Anda tumbuh maksimal. 

G+

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment