Teknik Inokulasi Gaharu Sejak Umur 1 Tahun

Advertisment Gaharu Indonesia
Bisnis Gaharu Indonesia - Ada banyak cara cepat untuk menghasilkan gaharu dalam waktu yang singkat. Salah satunya adalah dengan melakukan inokulasi gaharu sejak dini. Usia pohon gaharu yang baru 1 tahun sudah bisa diinokulasi agar bisa segera memproduksi resin gaharu. Bagaimana cara, risiko, dan keuntungan dari inokulasi sejak dini ini?

Risiko Inokulasi Gaharu Sejak Dini
Risiko utama dari teknik ini adalah ukuran pohon yang relatif masih kecil, sehingga dikawatirkan pohon akan tumbang ketika terjadi empasan angin. Tetapi hal ini dapat diatasi dengan teknik lubang bor standar yang melingkar, meskipun batang pohon masih kecil pohon masih kuat untuk menahan empasan angin.

Keuntungan Teknik Inokulasi Gaharu Sejak Dini
Keuntungan pertama ya jelas waktu panen gaharu menjadi lebih cepat, bila sejak usia 1 tahun gaharu sudah diinokulasi berarti tidak lama lagi resin gaharu sudah bisa dipanen. Biasanya harus menunggu waktu 5 tahun agar bisa melakukan inokulasi. Ada pun keuntungan lainnya adalah:

  • Resin gaharu yang terbentuk lebih tebal
  • Resin gaharu menyebar hampir ke semua cabang
  • Risiko lubang injeksi kemasukkan air sangat kecil karena lubang juga kecil
gaharu karawang, bisnis gaharu indonesia

Bagaimana Melakukan Inokulasi Gaharu Sejak Dini
Agar tidak menyebabkan gaharu mati karena inokulasi sejak dini, sebaiknya lakukan beberapa langkah sebagai berikut:
Pohon sudah berusia 1 tahun 
Diameter pohon  melebihi 12cm
Gunakan mata bor berukuran 6mm. 
Jumlah inokulan yang disuntikkan harus sesuai dengan diameter pohon, misalnya untuk pohon berdiameter 12cm suntikkan inokulasn sebanyak 12ml untuk satu lubang.
Jarak antar lubang bor tidak boleh terlalu rapat seperti lubang inokulasi pada gaharu dewasa, buat jarak setiap 1 meter 1 lubang,

Selamat mencoba.

G+

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment