Teknik Penanaman Bibit Gaharu yang Tepat

Advertisment Gaharu Indonesia
Bisnis Gaharu Indonesia - Pembibitan gaharu berkualitas sebenarnya cukup mudah, bisa dilakukan oleh pelaku budidaya gaharu yang sudah memiliki pohon gaharu dewasa dan berbuah.

Teknik pembibitan gaharu agar menghasilkan gaharu berkualitas, harus memperhatikan beberapa hal berikut.

Pertama, Pemilihan Induk
Pemilihan bibit harus dimulai dari pemilihan jenis/species induk bibit. Bagaimanapun bibit berkualitas hanya bisa dihasilkan dari induk yang berkualitas. Aquilaria malaccensis, A. microcarpa serta A. crassna adalah species penghasil gubal gaharu dengan aroma yang sangat disenangi masyarakat Timur Tengah, dan memiliki harga jual yang tinggi. 

Kedua, lokasi Penanaman.
Gaharu dapat ditanam mulai dari dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 750 mdpl, dengan pola tanam monokultur atau dengan sistem tumpangsari.

Jarak tanam 3x3m (1.000 pohon/ha) namun dapat juga 2.5x3m sampai 2.5x5m. Jika tanaman gaharu ditanam pada lahan yang sudah ditumbuhi tanaman lain, maka jarak tanaman gaharu minimal 3m dari tanaman tersebut.

Ketiga, Pembuatan Lubang Bibit
Penyiapan lubang tanaman untuk bibit dengan ukuran lubang tanam 40x40x40cm. Lubang yang sudah digali dibiarkan minimal 1 minggu, agar lubang beraerasi dengan udara luar. Kemudian masukkan pupuk dasar, campuran serbuk kayu lapuk dan kompos dengan perbandingan 3 : 1 sampai mencapai ¾ ukuran lubang.

bisnis gaharu indonesia, gaharu karawang

Setelah beberapa minggu pohon gaharu, siap untuk ditanam. Penanaman bibit gaharu sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan di pagi hari sampai jam 11.00, dan dapat dilanjutkan pada jam 16.00 sore harinya.

G+

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment