Manfaat Gaharu untuk Mengobati Penyakit Stroke

Advertisment Gaharu Indonesia
Bisnis Gaharu Indonesia - Pohon gaharu rupanya memiliki manfaat untuk mengobati penyakit stroke. Berdasarkan data World Health Organization (WHO) sebanyak 15 juta penduduk dunia pertahun terserang stroke, lima juta di antaranya meninggal dan 5 juta mengalami cacat permanen.

Faktor utama pemicu stroke adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi akibat kadar kolesterol yang tinggi dalam darah. Terdapat 2 jenis stroke, yakni iskemik dan hemorragik. 

Stroke iskemik terjadi lantaran aliran darah ke otak berhenti karena ateorosklerosis penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah atau pembekuan darah yang menyumbat darah masuk ke otak. Sedangkan stroke hemorragik, pembuluh darah pecah sehingga menghambat aliran darah. Akibatnya darah merembes ke suatu daerah di otak dan merusaknya.

Cara untuk membuat obat stroke dari gaharu bisa dilakukan dengan menjemur kulit buah gaharu selama 1 minggu. Jemur sampai kadar air turun dan tersisa kira-kira 14%. Kulit buah yang telah dijemur diseduh dengan segelas air panas. Biarkan selama 1-2 jam. Setelah dibiarkan selama itu, air tersebut baru bisa dikonsumsi. Lakukan secara rutin, sehari sekali. 

Seduhan daun gaharu mengandung agarospirol yang mampu menekan sistem saraf pusat sehingga memberikan efek menenangkan. Selain itu, juga menghilangkan mabuk perjalanan. Sedangkan hasil pembakaran kulit kayu gaharu sebagai obat antinyamuk. Menurut kepala Pusat Studi Biofarmaka Institut Pertanian Bogor, Prof Dr Latifah K Darusman, MS, akar, batang, daun, dan ranting gaharu memiliki kandungan bioaktif yang nyaris sama.

bisnis gaharu indonesia

Sayangnya, hingga kini belum ada riset ilmiah yang mendukung bukti empiris bahwa buah gaharu tokcer mengatasi stroke atau hipertensi, hanya pengalaman perseorangan saja yang telah membuktikan khasiatnya.

Meski demikian bagi para pasien hipertensi dan stroke, buah gaharu layak menjadi pilihan demi memperoleh kesembuhan. Atau gaharu bisa sekadar dijadikan teh untuk minuman kesehatan,

G+

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment